Tes Kuder
Preference Record-Vocational (KPR-V) disusun oleh G. Frederich Kuder,
dimana perkembangan dari tes ini dimulai dari tahun 1934-1935 di bidang
pendidikan. Pendekatannya pada pengukuran minat dibedakan dalam dua hal, yaitu
pertama kuder menggunakan butir-butir soal tiga serangkai pilihan terbatas,
dengan responden mengindikasikan yang mana dari tiga kegiatan itu yang paling
disukai dan mana yang paling kurang disukai. Kedua, skor-skor diperoleh tidak
untuk pekerjaan tertentu, melainkan untuk 10 bidang minat yang luas, yaitu di
luar ruangan, mekanis, pekerjaan ilmiah, persuasif, artistik, sastra, musik,
kerja sosial dan administrasi.
Kuder General
Interest Survey (KGIS) dikembangkan kemudian sebagai revisi dan perluasan ke
bawah dari Kuder Preference Record-Vocational. Tahun 1939 muncul bentuk form A
terdiri dari 7 minat. Tiga tahun berikutnya 1942 muncul revisi bentuk form B
terdiri dari 9 minat. Kemudian tahun 1948 direvisi kembali muncul bentuk form C
terdiri dari 10 minat. Tes ini mengukur derajat variasi seseorang terhadap
pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan dalam suatu jabatan tertentu.
ADMINISTASI
1. Waktu
a) 40-60 menit
(normal)
b) 2 jam
(subjek kesulitan istilah-istilah tes minat ini)
2. Material Tes
a) Buku Persoalan Kuder
b) Lembar Jawaban Kuder
c) Kunci Kuder Nomor
0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, dan Kunci V (11 kunci)
d) Norma Standart Kuder
e) Alat Tulis
3. Pelaksanaan Tes
Tes ini dapat
dilaksanakan secara individual maupun klasikal.
4. Langkah-langkah Pelaksanaan
Subjek diminta
untuk memilih satu pekerjaan yang paling disukai dan yang paling tidak disukai
dari tiap golongan pekerjaan yang terdiri dari 3 pekerjaan dengan cara
memberikan tanda ”x” pada lingkaran yang berada di sebelah kiri untuk pekerjaan
yang disukai dan memilih satu pekerjaan yang paling tidak disukai dengan
memberikan tanda “x” pada lingkaran di sebelah kanan.
Contoh :
P. Mengunjungi
Pameran O P O
Q. Membaca Buku
O Q O
R. Mengunjungi
Museum O R O
Catatan :
Subjek dapat membaca instruksi lebih detail pada halaman depan buku persoalan.
Bila terjadi
kesalahan dan ingin membetulkan jawabannya, maka lingkarilah jawaban yang salah
dan beri tanda “x” pada jawaban yang benar. Juga perlu ditegaskan pada sujek
bahwa waktu yang dipergunakan sangat terbatas maka bekerjalah secepat-cepatnya,
silahkan mulia apabila ada aba-aba mulai dan berhenti jika ada aba-aba
berhenti.
KEGUNAAN
1. Membantu suatu
perusahaan dalam penerimaan karyawan baru
2. Membantu secara
sistematik dalam seleksi pekerjaan
3. Mengukur minat
berdasarkan sikap dan ide-ide terhadap suatu pekerjaan
SKORING
a) Mencocokkan
jawaban subjek dengan kunci 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, V.
b) Memasukkan
skor mentah ke kolom sebelah kiri di lembar jawaban.
c) Melihat
tabel norma standart dan memasukkan hasilnya (skor standart) ke kolom sebelah
kanan (percentile) di lembar jawaban.
INTERPRETASI
a) OutDoor
Pekerjaan
dimana aktivitasnya dilakukan di luar atau pekerjaan yang tidak berhubungan
dengan hal-hal yang sifatnya rutin.
Contoh : Petani
b) Mekanik
Pekejaan yang
berhubungan atau menggunakan mesin alat-alat dan daya mekanik.
Contoh : Tukang
Bubut
c) Komputational
Pekejaan yang
berhubungan dengan angka-angka.
Contoh :
Akuntan
d) Scientific
Pekerjaan yang
dapat disebutkan sebagai keaktifan dalam hal analisa dan penyelidikan, kimia,
eksperimen dan ilmu pengetahuan pada umumnya.
Contoh : Ahli
Biologi
e) Persuasif
Pekerjaan yang
berhubungan dengan manusia, diskusi membujuk, bergaul dengan orang lain. Pada
dasarnya adalah pekerjaan yang membutuhkan kontak dengan orang lain.
Contoh :
Penyiar Radio
f) Artistik
Pekerjaan yang
berhubungan dengan hal-hal yang bersifat seni dan menciptakan sesuatu.
Contoh : Perancang
Pakaian
g) Literary
Pekerjaan yang
berhubungan dengan kegiatan membaca mengarang.
Contoh :
Penulis Sandiwara Radio
h) Musical
Minat memainkan
alat musik atau untuk mendengarkan orang lain menyanyi atau bermain musik, atau
membaca sesuatu yang berhubungan dengan musik, penghargaan terhadap musik.
Contoh : Pemain
Piano (Pianist).
i) Social Service
Minat terhadap
kesejahteraan penduduk, dengan keinginan untuk menolong atau membimbing /
menasehati tentang problem dan kesulitan mereka.
Contoh :
Psikolog Pendidikan
j) Clericial
Minat terhadap
tugas-tugas rutin yang menuntut ketepatan dan ketelitian.
Contoh :
Penyusun Arsip
NORMA
a) 0-24 % :
Minat rendah, subjek kurang menyukai kegiatan pada bidang tersebut.
b) 25-74 % :
Cukup menyukai atau tidak terlalu suka, daerah minat rata-rata (subjek cukup
menyukai kegiatan pada bidang tersebut).
c) 75-100
% : Daerah minat yang tinggi, subjek paling menyukai kegiatan pada bidang
tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar